HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NAGRAK

Ijun Rijwan Susanto, Syapur Yusuf

Abstract


Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit infeksi virus akut yang disebabkan oleh virus dengue yang ditandai demam 2 – 7 hari disertai dengan manifestasi perdarahan, penurunan trombosit (trombositopenia), adanya hemokonsentrasi yang ditandai kebocoran plasma (peningkatan hematokrit, asites, efusi pleura, hipoalbuminemia). Dapat disertai gejala-gejala tidak khas seperti nyeri kepala, nyeri otot & tulang, ruam kulit atau nyeri belakang bola mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku pencegahan DBD di wilayah kerja Puskesmas Nagrak.  Rancangan penelitiannya yaitu Survey analitik cross sectional. Survey analitik cross sectional adalah suatu penelitian untuk mempelajari dinamika korelasi antara faktor-faktor. Jumlah sample pada penelitian ini 48 responden. Uji statistik yang  digunakan adalah uji Chi Square diperoleh  hasil  p value (0,018) < α (0,05) berarti Ha diterima hal ini berarti bahwa terdapat hubungan positif dan signifikant  antara pengetahuan dengan perilaku pencegahan DBD di wilayah kerja Puskesmas Nagrak. Hasil penelitian ini diharapkan pihak puskesmas dapat meningkatkan pengetahuan dengan perilaku pencegahan DBD di wilayah kerja Puskesmas Nagrak.

 

Kata Kunci : pengetahuan, perilaku , pencegahan,  DBD


Full Text:

PDF

References


Anggita M, Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta, Indonesia: Pendidikan Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, 2018.

Arikunto , Prosedur Penelitian Sebagai Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Bahtiar, "Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Masyarakat dengan Perannya dalam Pengendalian Demam Berdarah di wilayah Puskesmas Kawalu Kota Tasikmalaya," Jurnal Litbang Depkes, pp. 12-20, 2012.

Efendi, Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik dalam Keperawatan.. Jakarta: Salemba Medika, 2013.

Faldy R K, "Pemetaan Kasus Demam Berdarah Dengue," Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik, pp. 73-81, 2015.

Lestari, Cekal (Cegah dan Tangkal) Sampai Tuntas Demam Berdarah. Yogyakarta: Rapha, 2015.

Muwarni, Perawatan Pasien Penyakit Dalam. Yogyakarta: EGC, 2011

Nursalam, Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika, 2017.

Notoatmodjo, Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2018

RI.KK, Pedoman Pengendalian Demam Berdarah Dengue di Indonesia. Jakarta: Direktorat jenderal Pengenddalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI, 2017

RI D K. (2019, Agustus) www.depkes.go.id. [Online]. RI, D. K. (Agustus 2019). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia-2019.pdf.

RI K, Buku Saku: Pengendalian DBD untuk Pengelola Program DBD Puskesmas. Jakarta, 2013

Surveilans P, "Laporan Kasus DBD," Puskesmas Nagrak, Cianjur, Laporan Bulanan (LB3) 2019

Zulkoni , Parasitologi. Yogyakarta: Nuha Medika, 2011

Widoyono , Penyakit Tropis Epidemiologi, Penularan, Pencegahan dan Pemberantasan DBD. Jakarta: Erlangga, 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.