HUBUNGAN LAMANYA PERAWATAN HEMODIALISA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DI INSTALASI HEMODIALISA RS MITRA KASIH CIMAHI

Bagja Angga Sukma, Nina Aminah, Asep Wahyudin

Abstract


Hemodialisa merupakan terapi yang berfungsi untuk menggantikan peran ginjal yang beroperasinya menggunakan sebuah alat yang khusus untuk mengeluarkan toksik uremik dan mengatur cairan elektrolit tindakan ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup penderita gagal ginjal kronik. Bebarapa klien baru biasanya merasakan cemas dalam melakukan perawatan Hemodialisa. Cemas adalah emosi dan pengalaman subyektif dari seseorang yang membuat dirinya tidak nyaman. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Lamanya Perawatan Hemodialisa dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik di Instalasi Hemodialisa RS Mitra Kasih Cimahi. Penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional yang menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional yaitu penelitian untuk mengetahui dinamika korelasi factor-faktor resiko dengan efek, dengan cara pendekatan observasi atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 78 orang dengan teknik pengambilan sample menggunakan total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale) sebanyak 14 soal. berdasarkan hasil analisis bivariate menggunakan uji chi-square didapatkan hasil p=0,000 < a = 0,05 maka kesimpulan adalah   terdapatnya hubungan antara lamanya perawatan hemodialisa dengan tingkat kecemasan pada pasien gagal ginjal gronik di Instalasi Hemodialisa RS Mitra Kasih Cimahi. Diharapkan kepada perawat untuk memberikan edukasi dan perhatian yang lebih kepada pasien hemodialisa agar pasien merasa lebih nyaman dan tidak cemas.

 

Kata Kunci : gagal ginjal kronik, hemodialisa, tingkat kecemasan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bare, B. G., & Smeltzer, S. C. (2013). Keperawatan Medikal Bedah (8 ed.). (E. Pakaryaningsih, Penyunt.) Jakarta: EGC.

Gunarsa, Y. D., & Singgih D gunarsa. (2012). Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta: Libri.

Jangkup, J. K., Elim, C., & Kandou, L. J. (2015, Januari - April). TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK (PGK) YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI BLU RSUP PROF. DR. R. D. KANDOU MANADO. Jurnal Kesehatan, 3, 598-605.

Kautsar, F., Gustopo, D., & Achmadi,, F. (2015). Uji Validitas dan Reliabilitas Hamilton Anxiety Rating Scale Terhadap Kecemasan dan Produktivitas Pekerja Visual Inspection. PT . Widatra Bhakti.

Kemenkes. (2013). Diambil kembali dari Riskesdas: https://www.kemkes.go.id/resources/download/general/Hasil Riskesdas 2013

Kemenkes. (2017). Diambil kembali dari Infodatin: https://pusdatin.kemkes.go.id/folder/view/01/structure-publikasi-pusdatin-info-datin.html

Kusumawati , F., & Hartono, Y. (2011). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Lemone, P., Burke, K. M., & Bauldof, G. (2016). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah (1 vol.3 ed.). Jakarta: EGC.

NKF-KDIGO, N. K. (2013). KDIGO 2012 Clinical Practice Guidelinefor the Evaluation and Management ofChronic Kidney Disease. 3(1), 1-163.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nursalam. (2011). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Patimah, I., S, S., & Nuraeni, A. (2015, April). Pengaruh Relaksasi Dzikir terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronis yang Menjalani Hemodialisa. Jurnal Kesehatan, 3, 18-24.

Pernefri. (2018). Report of Indonesian Renal Registry. Pernefri, Jakarta.

Pieter, H. Z., Janiwarti, B., & Saragih, N. M. (2011). Pengantar Psikopatologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Kencana.

polit, D. F., & Beck, C. T. (2012). Nursing research: generating and assessing evidence for nursing practice (9th ed.). Philadelphia, USA: Lippincott.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardjono. (2014). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. (S. Setiati, I. Alwi, A. Sudoyo, M. Simandibrata, & B. Setyohadi, Penyunt.) Jakarta: Interna.

Suharyanto. (2009). Asuhan Keperawatan Klien Dengan Gangguan Sistem Perkemihan. Jakarta: Trans Info media.

Suwitra, K. (2014). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam (6th ed.). (S. Setiati, Penyunt.) Jakarta: Interna.

Tokala, B. F., Kandou, L. J., & Dundu, A. E. (2015, Januari). HUBUNGAN ANTARA LAMANYA MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN DENGAN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUP PROF. Dr. R. D. KANDOU MANADO. Jurnal Kesehatan, 3, 402-407.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.