ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF DENGAN NYERI PINGGANG PADA TRIMESTER III KEHAMILAN DI PMB “I” KOTA CIMAHI

Karwati Karwati, Dina Amallyasari

Abstract


Beberapa masalah yang sering dialami oleh ibu hamil yaitu nyeri pinggang yang umumnya terjadi pada trimester III, hal ini diakibatkan beban di perut serta karena tulang pinggang bagian bawah terutama didaerah pinggul tulang belakang membengkok dan ligamen merenggang Apabila hal ini tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kualitas hidup ibu hamil menjadi buruk. Berdasarkan pada hasil pengkajian dan pemeriksaan pada kunjungan pertama tanggal 29 April 2021, penulis tertarik melakukan asuhan kebidanan yang komprehensif kepada Ny.W G1P0A0 di PMB I Kota Cimahi tahun 2021.

Metode penelitian dengan asuhan studi kasus ini menggunakan pendekatan asuhan kebidanan komprehensif. Subjek pada asuhan ini adalah Ny “W” G1P0A0 usia kehamilan 38 minggu 4 hari dengan keluhan nyeri pinggang di PMB I Kota Cimahi. Pelaksanaan asuhan kebidanan pada subjek yang diteliti dilakukan secara komprehensif dimulai dari kehamilan, persalinan, bayi baru lahir hingga nifas. Pada Asuhan Kehamilan didapatkan masalah pada ibu yaitu mengeluh nyeri pinggang/punggung dirasakan sampai kadang-kadang tidak bisa melaksanakan pekerjaan rumah tangga. Penulis memberikan asuhan kebidanan berupa senam hamil, body mechanism yang benar serta menganjurkan untuk melakukan kompres hangat pada bagian nyeri secara rutin 3-4 kali sehari selama ± 15 menit guna mengurangi rasa nyeri pada pinggang dan memberikan rasa nyaman. Pada Persalinan Kala I ibu diberikan asuhan pijat effleuarage. Setelah dilakukan asuhan pada kehamilan trimester III dengan tekhnik pengurangan rasa nyeri tersebut Ny. “W” mengatakan merasa nyaman dan rasa nyeri pinggang yang dialaminya sedikit berkurang. Pada kala I persalinan nyeri pinggang kembali dirasakan oleh pasien walau begitu proses persalinan Kala I sampai Kala II Ny.W berlangsung normal dan tidak mengalami penyulit. Masa Nifas berlangsung secara normal.

Dengan senam hamil, body mechanism dan kompres hangat berpengaruh secara signifikan terhadap pengurangan rasa nyeri pada pinggang/punggung pada kehamlan trimester III, meskipun teknik pijat Effleurage memang belum mampu menghilangkan nyeri yang dirasakan oleh ibu yang akan melahirkan dan tidak bisa merubah karakteristik nyeri, tetapi efektif dalam menurunkan nyeri persalinan

.

Kata Kunci: Asuhan Kebidanan Komprehensif Nyeri Pinggang

 


Full Text:

PDF

References


Abdullah Abdullah, N. N. (2021). Riwayat Kunjungan Antenatal Care dan Riwayat Kunjungan Posyandu sebagai Determinan Kejadian Stunting pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Pekauman Kota Banjarmasin. 11(2).

Harsono. (2013). Nyeri Punggung Bawah. Gadjah Mada University Press.

I.P.d, D. (2014). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Komprehensif Pada Ibu Bersalin dan Bayi Baru Lahir. Yogyakarta: Deepulish.

Ikke, N. (2018, juli 16). Asuhan Kebidanan Continuity Of Care Pada Ny S Masa Hamil Sampai Dengan Keluarga Berencana (KB) Di PMB Muryati, SST. 18, p. 13.

Indah, P. (2016, Juni). Laporan tugas akhir asuhan kebidanan komprehensif pada Ny.W G1P0A0 dengan sakit pinggang dan sering buang air kecil di wilayah kerja puskesmas sepinggan balikpapan. p. 13.

Lina Puspitasari, E. E. (2020). 2. Manfaat Body Mekanik dan Hamstring Exercise terhadap Pengurangan Nyeri Pinggang Ibu Hamil Trimester III. 7(1).

Neny Yuli Susanti, N. K. (2019). PENGEMBANGAN SENAM HAMIL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGURANGAN KELUHAN NYERI PINGGANG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III . 6(1).

Pevi Primasnia, W. (2018). HUBUNGAN PENDAMPINGAN SUAMI DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU PRIMIGRAVIDA DALAM MENGHADAPI PROSES PERSALINAN. 213-216.

Prawirohardjo, S. (2009). Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka.

Puspitasari, L. (2020). 7. Efektifitas Teknik Effleurage Dan Counter Pressure Vertebra Sacralis Terhadap Penurunan Nyeri Persalinan Kala I. 12(01), 46–48.

RI, K. (2019). (BPPSDMK Kemenkes RI) Retrieved Juli 2, 2021, from http://bppsdmk.kemenkes.go.id

Sri Wulandari, N. A. (2021). ketidaknyamanan fisik dan psikologis pada ibu hamil trimester III di wilayah puskesmas berbah sleman daerah istimewa yogyakarta. 12(1), 56.

Yuli Suryanti, D. N. (2020). Pengaruh Kompres Hangat terhadap Nyeri Pinggang Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Sekernan Ilir Tahun 2020. 10(1).

ZAHROH, S. N. (2020, Agustus 18). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY.S G2P1001 USIA KEHAMILAN 35 MINGGU 4 HARI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PUSKESMAS KARANG JOANG. p. 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.