INTERVENSI KEPERAWATAN: STORYTELLING UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN ANAK USIA PRA SEKOLAH YANG MENJALANI PERAWATAN DI PAVILIUN LUKMANUL HAKIM RSUD ALIHSAN PROVINSI JAWA BARAT

Mochamad Salman Hasbyalloh

Abstract


Tahun 2010 di Indonesia terdapat sebanyak 33,2% dari 1.425 anak mengalami dampak kecemasan akibat hospitalisasi berat, 41,6% mengalami kecemasan sedang, dan 25,2% mengalami kecemasan ringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan storytelling dalam menurunkan kecemasan (akibat reaksi hospitalisasi) anak yang menjalani hospitalisasi di ruang anak Lukmanul Hakim RSUD Al Ihsan Baleendah. Penelitian ini menggunakan metode quasi ekperimen dengan rancangan pre dan post test design. Populasi penelitian ini semua anak usia prasekolah (3-6) tahun yang dirawat di Rumah Sakit dan sampel sebanyak 15 responden. Hasil pada post test didapatkan nilai rata-rata posttest 6 (fase protes) ada penurunan sebanyak 0,27. Hasil uji statistik didapatkan skor 6 dengan nilai p-value 0,001, berarti pada alpha 5% terlihat ada perbedaan yang signifikan antara skor kecemasan pretest dan posttest setelah diberikan intervensi. Artinya, ada pengaruh yang signifikan antara kecemasan anak sebelum dan setelah diberikan intervensi. Saran: Terapi bermain berupa storytelling dapat dijadikan alternatif dalam menurunkan kecemasan akibat reaksi hospitalisasi pada anak usia pra sekolah yang dirawat.

 

Kata Kunci : Hospitalisasi, Kecemasan, Storytelling.


Full Text:

PDF

References


A’dillah & Somantri. (2016). Efektifitas Terapi Mendongen terhadap Kecemasan Anak Usia Todler dan Pra Sekolah Saat Tindakan Keperawatan. JKP-Vol 4.

Hockenberry, M.J., & Wilson, D. (2013). Wong’s essentials of pediatric nursing (9th Ed.). St. Louis: Mosby).

Irmawaty, Lenny. (2013). Pengaruh Storytelling Terhadap Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Usia Pra Sekolah di RSUD Kota Bekasi 2013.

Nurgiyantoro, B., Gunawan dan Marzuki, 2004, Statistik Terapan, Untuk Penelitian Ilmu Ilmu Sosial, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Potter, P.A, Perry, A.G. (2013). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4.Volume 2. Alih Bahasa: Renata Komalasari, dkk. Jakarta: EGC.

Rupdi Lumbasiantar. 2012. Pengaruh storry telling terhadap tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak usia prasekolah di RSUD kota Bekasi, 2012 halaman 2-5, diperoleh 11 Maret, 2017)

Sharma, Mukesh Chandra. (2014). A Randomized Clinical Trial to Evaluate the Effectiveness of Storytelling by Researcher on the Hospitalization. Journal of Science and Research (IJSR). ISSN (online): 2319-7064.

Susanti & Safitri. (2017). Pengaruh Storytelling terhadap Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah yang Menjalani Hospitalisasi di RSUP DR. M. Djamil Padang. Jurnal Ilmu Kesehatan (JIK). Vol. 1. P-ISSN: 2597-8594.

Ulfa & Urifah. (2017). Penurunan Respon Maladaptif pada Anak Pra Sekolah Menggunakan Storytelling Book: Seri pemasangan Infus di RSUD Kabupaten Jombang. Adi Husada Nursing Journal-Vol 3 No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.