HUBUNGAN PERILAKU ORANG TUA DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI DESA CIBEDUG WILAYAH KERJA PUSKESMAS RONGGA

Nurajijah Nurajijah, Ijun Rijwan Susanto, Ryka Juaeriah

Abstract


Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan salah satu penyebab utama kematian pada anak di bawah usia lima tahun di seluruh dunia. ISPA dapat disebabkan karena kurang baiknya perilaku orang tua. Karena perilaku orang tua yang kurang baik adalah faktor dominan terjadinya ISPA pada balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku orang tua dengan kejadian ISPA pada balita di Desa Cibedug Wilayah Kerja Puskesmas Rongga. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 responden Penentuan menggunakan stratified proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan tehnik angket. Analisis data menggunakan uji Chi-Square.. Hasil penelitian didapatkan orang tua yang berperilaku kurang baik dengan kejadian balita ISPA 30 (71,4%), perilaku kurang baik dengan kejadian tidak ISPA 12 (28,6%), orang tua perilaku baik dengan kejadian ISPA 17 (38,6%), dan perilaku baik dengan kejadian tidak ISPA 27 (61,4%). Menunjukkan adanya hubungan perilaku orang tua dengan kejadian ISPA pada balita dengan dengan nilai p value 0,002 < 0,05. Disarankan untuk mempertahankan dan mengembangkan program yang sudah ada terutama tentang pencegahan ISPA pada balita contohnya dengan penyuluhan secara berkala.

 

Kata Kunci: perilaku, orang tua, ISPA, balita


Full Text:

PDF

References


W. H. Organization, Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Saluran Pernafasan Akut, Di jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia, 2007.

G. Agung and F. , "Hubungan Kondisi Fisik Rumah Dengan Kejadian ISPA Pada Balita," Jurnal Berkala Epidemiologi, pp. 227-235, 2018.

W. "Pedoman Ringkas Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Saluran Pernafasan Akut," 2016. [Online]. Available: http://www.who.int/csr/resources/publication..

H. R and R. Dwi, ISPA, Yogyakarta: Nuha Medika, 2016.

Rikesdas RI, Penyakit Menular dan Prevalensi ISPA, Jakarta: Kemenkes RI, 2018.

K. K. R. Prevalensi ISPA Menurut Provinsi Tahun 2018, 2018.

D. K. B. B. Angka Kejadian ISPA, Bandung Barat, 2021.

P. R. "Angka Kejadian ISPA," Puskesmas Rongga, Bandung Barat, 2021.

U. A. Alfiah and S. Nurbaya, "Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian ISPA Berulang Pada Balita di Puskesmas Watampone," vol. 2, pp. 115-122.

Y. Karundeng, L. G. Runtu and T. Mokoginta, " Pengetahuan dan Perilaku Merokok Anggota Keluarga Dalam Hubungannya Dengan Kejadian ISPA," Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makasar, vol. XIV, no. 1, p. 21, 2019.

K. Senita, T. Emilia and R. Laurentinus, "Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang ISPA Dengan Perilaku Pencegahan Kekambuhan ISPA Pada Balita di Desa Picuan Baru Kecamatan Motoling," 2018.

N. S, Metodologi Penelitian Pengetahuan, Yogyakarta: Nuha Medika, 2010.

S. Notoadmojo , Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

N. Aprilla, E. Yahya and Ririn, "Hubungan Antara Perilaku Merokok Orang Tua Dengan Kejadian ISPA Pada Balita Di desa Pulau Jambu Wilayah Kerja Puskesmas Kuok," Jurnal Ners Universitas Pahlawan , vol. 3, pp. 115-116, 2019.

S. Notoadmojo, Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

I. Koes, Memahami Berbagai Macam Penyakit, Bandung: Alfa Beta, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.