FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN CAKUPAN PEMBERIAN IMUNISASI INAKTIF VAKSIN POLIO PADA BAYI UMUR 11-12 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SEI KEPAYANG BARAT KABUPATEN ASAHAN

Dian Zuiatna

Abstract


Angka kematian bayi dan balita akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi masih menunjukkan angka yang cukup tinggi. Menurut data dari UNICEF (United Nations Children’s Fund) tahun 2010, 1,4 juta balita seluruh dunia meninggal karena penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor Yang Mempengaruhi Cakupan  Pemberian  Imunisasi  Inaktif   Vaksin  Polio  dan  Oral  Vaksin  Polio  Pada   Bayi Diwilayah Kerja   Puskesmas Seikepayang Barat Kabupaten Asahan. Desain penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian yaitu seluruh ibu yang memiliki bayi usia 11-12 bulan tahun 2018 berjumlah 41 dan menggunakan total sampling menjadi 41 orang. Data yang digunakan merupakan data primer dan data skunder. Instrumen yang digunakan adalah lembar ceklis dan kuisioner menggunakan analisis univariat, bivariat dengan menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pengetahuan dengan nilai p= 0,000 < 0,05, ada hubungan sikap dengan nilai p= 0,001 < 0,05, tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan nilai p= 0,362 > 0,05, dan ada hubungan keterjangkauan tempat pelayanan dengan nilai p= 0,040 < 0,05 terhadap cakupan pemberian imunisasi inaktif vaksin. Sehingga hasil penelitian menunjukkan pengetahuan, sikap, dan keterjangkauan memiliki hubungan dengan cakupan  pemberian  imunisasi  inaktif   vaksin  polio  pada   bayi umur 11-12 bulan di wilayah kerja Puskesmas Seikepayang Barat Kabupaten Asahan.  Disarankan kepada Puskesmas untuk memberikan penyuluhan tentang manfaat imunisasi polio kepada anak.


Full Text:

PDF

References


A.P., Dewi, E. Darwin, E. Edison. 2014. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi Di Kelurahan Parupuk Tabing Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang Tahun 2013. J Kesehat Andalas. 3(2).

A.P., Rati. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Batita Usia 9-24 Bulan Di Desa Pal Ix Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Proners. 3(1).

A. Wawan, M. Dewi. 2016. Teori Dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika

BPS. 2013. Survei Demografi Dan Kesehat Indones. 266.

E. Isriyanti. 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar Di Desa Kumpul Redo Kecaamatan Argamulyo.

E.M., Setiadi. 2017. Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Kencana

G. Lawrence. 1980 Health Education Planning A Diagnostik Approach. Terjemaahan. Jakarta: Depdikbud RI

I. Muhammad. 2016. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah Hal 92-98. Bandung: Citapustaka Media Perintis

Indrawati L, Hapsari D, Nainggolan O. 2016. Pengaruh Akses Ke Fasilitas Kesehatan Terhadap Kelengkapan Imunisasi Baduta (Analisis Riskesdas 2013). Media Penelit Dan Pengembangan Kesehatan, 26(1).

Kementerian Kesehatan. 2014.Modul Pelatihan Tenaga Pelaksana Imunisasi Puskesmas. Jakarta: Direktoral Jendral Pp&Lp

L. Pratiwi. 2012. Faktor Yang Mempengaruhi Status Imunisasi Dasar Pada Balita Umur 12-23 Bulan.

Mustofa. 2013. Buku Ajar Ilmu Penyakit. 4th Ed. Bandung: Penerbit Alfabet

Notoatmodjo S. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Riset Kesehatan Dasar. 2013. Jakarta Kementeri Kesehat RI

R. Worang, S. Sarimin, Ay. Ismanto. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Ibu Dalam Pemberian Imunisasi Dasar Pada Balita Di Desa Taraitak Satu Kecamatan Langowan Utara Wilayah Kerja Puskesmas Walantakan. J Keperawatan. 2(2).

S. Hadinegoro. 2013. Panduan Imunisasi Anak. Badan Penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia

S. Soegijanto. 2014. Pedoman Imunisasi Di Indonesia. Jakarta: Badan Penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia;

Sudarti. 2013. Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi Dan Anak Balita. Yogyakarta: Nuha Medika

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta Republik Indones.

World Health Organization. 2018. Neonatal Mortality.

Y. Makamban, U. Salmah. 2014. Faktor Yang Berhubungan Dengan Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Antara Kota Makassar.

Ye, Mayasari; Ln, Fakhidah. 2016. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Kelengkapan Pemberian Imunisasi Dasar Di Posyandu Wilayah Puskesmas Kedunggalar. Maternal, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.