HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN RESPON EMOSIONAL TERHADAP KEHAMILAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA di RSIA KUMALA SIWI PECANGAAN JEPARA

Mudy Oktiningrum

Abstract


Kehamilan merupakan masa kebahagiaan seorang wanita karena akan menjadi seorang ibu. Pada masa saat hamil seorang wanita akan merasakan suasana emosional seperti mudah tersinggung, mudah marah, mudah menangis tiada sebab, mudah kecewa, menjadi sedih, membenci atau menunjukan rasa kasih sayang. Perasaan yang tidak menentu itu bisa diringankan melalui asuhan sayang ibu dengan menekankan keluarga khususnya dukungan suami untuk memberikan dukungannya selama masa kehamilannya agar ibu lebih siap dan tidak canggung lagi dalam menghadapi kehamilannya. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan suami dengan respon emosional terhadap kehamilan ibu hamil primigravida. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di RSIA Kumala Siwi Pecangaan Jepara. Subyek penelitian adalah ibu hamil primigravida yang memeriksakan kehamilannya dengan jumlah sampel sebesar 50 responden. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Pengolahan dan analsis data menggunakan uji statistik dari korelasi product moment (pearson). Ada hubungan antara dukungan suami dengan respon emosional terhadap kehamilan ibu hamil primigravida dengan nilai p = 0,000 dan nilai r = 0,773, hal itu menunjukan bahwa semakin baik dukungan suami pada ibu hamil maka tingkat respon emosional terhadap kehamilannya semakin direspon dengan senang. Perlunya meningkatkan dukungan suami untuk membantu persiapan ibu hamil dalam mengahadapi kehamilannya agar respon emosionalnya baik misalnya dengan mengantarkan istri untuk memeriksakan kehamilannya, memberikan informasi, nasehat tentang kehamilan.

Kata Kunci : dukungan suami, respon emosional, ibu hamil primigravida.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1998). Prosedur penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

__________ (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik Jakarta : Rineka Cipta.

Arif, M, dan A. Chusnul. (2011). Identifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan program sayang ibu. Surabaya : Cermin Dunia Kedokteran.

Christina. (2013). Perawatan kebidanan. Jakarta: Bharata.

Friedman, M. M. (2015). Keperawatan keluarga teori dan praktek. (Alih bahasa: Ida Debora). Jakarta : EGC.

Marshall, C. 2011. Awal menjadi ibu. Jakarta : Arcan.

Musbikin, I. 2015. Panduan bagi ibu hamil dan melahirkan. Yogyakarta : Mitra Pustaka.

Nolan, M. 2013. Kehamilan dan melahirkan. Jakarta : Arcan.

Nurhasan. 2011 Sikap ideal selama hamil. Jakarta : Bharata.

Pitt, B. 2010. Kehamilan dan persalinan. Jakarta : Arcan.

Sugiyono. 2003. Metode penelitian adminitrasi. Bandung : Alfabeta.

_________ 2002. Prosedur penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

_________ 2004. Statistika untuk penelitian. Bndung : Alfabeta.

Syuhaemi , A. 2012 Adaptasi psikososial pada masa kehamilan dan nifas. Jakarta : Arcan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.