INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM KURIKULUM ILMU KEPERAWATAN

Nina Aminah

Abstract


Integrasi kurikulum harus berorientasai pada kebutuhan bidang studi dan disesuaikan dengan perubahan tuntutan masyarakat terhadap perguruan tinggi tersebut. Visi dan misi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Budi Luhur Cimahi, diantaranya menghasilkan lulusan yang berbudi luhur dan religius. Selama ini belum adanya secara konsep model integrasi nilai-nilai Islam di STIKes Budi Luhur, beberapa dosen STIKes sering mengalami kebingungan ketika berhadapan dengan aplikasi di lapangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif (Qualitative appoach) dan metodenya deskriptif analitis. Peneliti bisa terlibat langsung dengan partisipan, dengan demikian hasil penelitian akan lebih mendalam dan beragam. Kemudian untuk melengkapi penelitian ini mencari beberapa literature yang berhubungan dengan integrasi nilai-nilai Islam dalam kurikulum ilmu keperawatan. Adapun hasil penelitian adalah integrasi nilai-nilai Islam yang harus dimiliki semua orang termasuk perlu dimiliki oleh seorang perawat, pasien, dokter, terutama nilai-nilai ketakwaan. Quraisy Shihab menjelaskan, bertakwa kepada Allah di sini adalah dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan-Nya. Janji Allah barangsiapa yang bertakwa kepada Allah dengan berkesinambungan takwanya, maka akan menjadikan baginya dalam segala urusan kemudahan. Nilai-nilai Islam lainya adalah keikhlasan, peramah, penyantun, bertanggungjawab, syukur, makanan yang halal dan thayyib. Nilai-nilai tersebut diintegrasikan kepada mata kuliah: Ilmu Keperawatan Dasar III, Sistem Reproduksi, Keperawatan Komunitas I, Penyakit Menular Keperawatan, dan Keperawatan Medikal Bedah I, II.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aminah, Nina, 2013. Pendidikan Kesehatan dalam Al-Quran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aminah, Nina, 2014. Studi Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Kedokteran dan Kesehatan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Al-Fanjari, Ahmad Syauqy, 1999. At Thibbul Wiqo’i, terj. Ahsin Wijaya, et. al, Nilai Kesehatan dalam Syari’at Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Chaplin, J.P., 1999. Kamus Lengkap Psikologi, terj. Kartini Kartono, Jakarta: Raja Grafindo Persada Wilmette.

Cresswell, John, 2009. Research Desighn: Qualitattive, Quantitatif, and Mixed Methode Approach 3 Edition, Terj. Ach Fawaid, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Agama RI, 1989. Semarang: Penerbit CV. TOHA PUTRA, edisi baru revisi terjemah.

_________, 2013. Qualitative Inquirry and Research Desighn, California: SAGE publication,

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi dua, Jakarta: Balai Pustaka.

Fawaid, Achmad, 2014. Terj. Research Desighn: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lazuardi, Ahmad Lintang, 2014. Penelitian Kualitatif dan Disain Riset, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Drake, Susan M., 1998. Creating Integrated Curriculum Proven Ways to Increse Student Learning, California: Corwin Press.

Karwadi, 2008. Integrasi Paradigma Sains dan Agama dalam Pembelajaran Aqidah (Ketuhanan), telaah Teoretis dari perspektif Kurikulum Integratif, Jurnal Penelitian Agama, Vol. XVI,No.3 September-Desember .

Wikipedia Ensiklopedia Bebas, https://id.wikipedia.org/wiki/Keperawatan

Sumber lainnya:

Kurikulum Diploma III Keperawatan Indonesia, 2014.

Kurikulum Program Pendidikan Ners, Tahap Akademik, 2016-2017.

Produk Hukum UU tahun 2014.

RISTEKDIKTI, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi 2016, Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, 2016.

Wikipedia Ensiklopedia Bebas, https://id.wikipedia.org/wiki/Keperawatan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.