APLIKASI TEORI PENDER TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG ANEMIA MASA PANDEMI COVID-19

Wulan Novika Ambarsari

Abstract


Angka kematian ibu (AKI) menjadi salah satu indikator untuk melihat keberhasilan upaya kesehatan Ibu. Angka kematian ibu (AKI) sangat berkaitan erat dengan terjadinya perdarahan saat melahirkan dan salah satu penyebab terjadinya perdarahan adalah anemia. Dari tahun ke tahun anemia menyumbang 9% dengan masalah kecacatan. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu upaya preventif yang dapat dilakukan oleh perawat komunitas/masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan agar terciptanya perilaku hidup bersih dan sehat sehingga mampu memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan yang ada dimasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi teori Pender terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu hamil trimester I dan II tentang anemia pada masa pandemi covid-19 di Puskesmas Cimahi Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimental desain dengan tipe one-group pretest posttest menggunakan uji statistik McNemar dan Marginal Homogenity. Hasil penelitian dengan uji Marginal Homogenity diperoleh hasil nilai p=(0,000) < α (0,05) dan hasil uji McNemar diperoleh hasil nilai p=(0,001) < α (0,05). Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh aplikasi teori Pender terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang anemia di Puskesmas Cimahi Utara. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan dalam pemberian pendidikan kesehatan khususnya bagi ibu hamil dalam mencegah anemia.

 

Kata kunci : anemia, teori Pender, pengetahuan, sikap


Full Text:

PDF

References


Yeti Hernawati. 2022. "Pengaruh Penyuluhan tentang anemia terhadap pengetahuan, sikap dan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet besi di klinik bumi sehat bahagia kota bandung" Jurnal Sehat Masada, vol. XVI No 1, pp. 142-151, 2022.

Puskesmas Cimahi Selatan. 2021. "Data kasus Ibu hamil berisiko 5 tertinggi di Kota Cimahi," Puskesmas Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Puskesmas Cimahi Tengah. 2021. "Data kasus Ibu hamil berisiko 5 tertinggi di Kota Cimahi," Puskesmas Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Sugiyono. 2019. Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif R&D, Bandung: Alfabeta Bandung

Nursalam,Nurs.,(Hons). 2020. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika

Jenita Doli Tine Donsu. 2017. Metodologi penelitian keperawatan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Rianto, Budi; Susanto, Ijun; Karwati. 2022. Analisis dan pengolahan data aplikasi SPSS. Bandung : Malaka Indah Cakra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.