THE CORELATION BETWEEN VERBAL AND NON-VERBAL COMMUNICATION OF NURSES TO PATIENT SATISFACTION LEVELS IN INPATIENT INSTALLATIONS MITRA KASIH HOSPITAL 2023

Authors

  • Ratna Wulan Hardian STIKes Budi Luhur Cimahi
  • Yosi Oktri
  • Hajar Tuasikal

DOI:

https://doi.org/10.62817/tiches.v3i3.353

Abstract

Communication is a process of conveying information, ideas, feelings, expertise and others. Patient satisfaction is the feeling of pleasure or disappointment experienced by patients after comparing the perceived performance (or results) of a product with their expectations. The preliminary study conducted on patients at inpatient installation of Mitra Kasih Cimahi Hospital showed 40% said satisfied, 30% less satisfied and 30% dissatisfied. The purpose of this study is to determine the correlation between verbal and non-verbal communication of nurses with the level of patient satisfaction at inpatient installation of Mitra Kasih Cimahi Hospital. This study used quantitative analytic descriptive method with cross-sectional approach. The population of 51 patients and a sample of 46 patients. The results of this study obtained less than 17,4% communication data, and good 82.6%. Satisfaction is less 15.2%, and satisfied 84.8% based on the fisher exact test obtained a p-value = 0.001 < a value of α = 0.05 which means that there is a correlation between nurse communication and patient satisfaction levels. This study consludes that there is a correlation between verbal communication and non-verbal communication with patient satisfaction. It is hoped that with this study, hospitals can conduct training to improve effective nurse communication, especially verbal and non-verbal communication.

Keywords: Verbal communication, Non verbal, Satisfaction

 

References

Anggraini.2012.Hubungan Kepuasan Pasien dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Usada Sidoarjo.In http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/507/556.Last Diakses tanggal 27 Juli 2013.

Arwani.2003.Komunikasi dalam Keperawatan.Jakarta.EGC.

Asmuji.2012.Manajemen Keperawatan: Konsep dan Aplikasi.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Asniati Mus.2009.Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sinjai.UIN.

Bayangkara, Nyoto.2013.Hubungan antara Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien Dinas POLRI.In http://nyoto-bhayangkara.blog spot.com/2012/09/hubungan-antara-komunikasi-terapeutik_1.html.Diakses tanggal,13 Mei 2013.

Budiman.2010.Hubungan Status Demografi dengan Kepuasan Masyarakat tentang Pelayanan JAMKESMAS di WilayahPUSKESMAS Tanjung Sari Kabupaten Bogor tahun 2010.in http://www.library.upnvj.ac.id/pdf/s1 keperawatan08/204312054/ejournal/.pdf. Diakses tanggal 27 Juli 2013.

Damaiyanti, Mukhrifah.2010.Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan. Jakarta: EGC.

Diana, Sr. & Asrin, OP.2012.Hubungan Pengetahuan Komunikasi Terapautik terhadap Kemampuan Komunikasi Perawat dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan di Rumah SAkit Elisabeth Purwokerto.In http://www. slideshare.net/KULIAHISKANDAR/jurnal-hubungan-pengetahuan-komuni kasi-terapeutik-terhadap-kemampuan-komunikasi-perawat-dalam-melaksan akan-asuhan-keperawatan-di-rumah-sakit-elisabeth-purwokerto.Diakses tanggal 13 Mei 2013

Fandy.2006.Manajemen dan Pemasaran.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hanafi, Imam & Selvia David Richard.2012.Ketrampilan Komunikasi Interpersonal Perawat Berpengaruh Peningkatan Kepuasan Pasien. Jurnal Stikes Volume 5. No. 2, Desember 2012.In Http://Puslit2.Petra.Ac.Id/Ejou rnal/Index.Php /Stikes/Article/Download/18612/18373. Diakses tanggal 21 Juni 2013.

Haydar.2011.Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di RSUD Dr. Djasmen Saragih Pematangsiantar.In http://www. repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/29065/4/Chapter%252011.pdf.Dia kses 3 Agustus 2013.

Hidayat, A. Aziz Alimul.2009.Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data.Jakarta: Salemba Medika.

Husnah, Anis Rosiatul.2006.Analisa Hubungan Komunikasi Verbal dan Non Verbal Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. In http://grahacendikia.wordpress.com/2009/03/28/analisa-hubungan-komunik asi-verbal-dan-non-verbal-perawat-terhadap-tingkat kepuasanpasien/.Diakses tanggal, 4 Februari 2013.

Kuntoro, Agus.2010.Buku Ajar Manajemen Keperawatan.Yogyakarta: Nuha Medika.

Lestari, Wijayanti Puji dkk.2008.Analisa Faktor Penentu Tingkat Kepuasan PAsien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. In http://journal.uii .ac.id/index.php/JKKI/article/viewFile/544/468. Diakses, tanggal 13 Mei 2013

Mahmud Machfoedz.2009.Komunikasi Keperawatan (Komunikasi Terapeutik). Yogyakarta: Ganbika

Mandala, David Aleksander.2002.Analisa Hubungan Komunikasi Verbal dan Non Verbal Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien.Universitas Airlangga Surabaya.

Mundakir.2006.Komunikasi Keperawatan,aplikasi dalam pelayanan.Edisi Pertama.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Musliha.2010.Komunikasi Keperawatan Plus Materi Terapeutik.Yogjakarta: Nuha Medika

Nasir, Abdul.2009.Komunikasi Dalam Keperawatan.Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmojo, S.2002.Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Nurhasanah, Nunung.2009.Ilmu Komunikasi dalam Konteks Keperawatan untuk Mahasiswa Keperawatan.Jakarta: TIM

Nursalam.2008.Metodologi Riset Keperawatan.Jakarta: VV. Sagung Seto. .2012.Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 3.Jakarta Salemba Medika.

Potter, Patricia A & Perry.2005.Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik.Jakarta: EGC.

Purba MJ, 2007. Komunikasi Dalam Pelayanan Keperawatan.In http://www.inna- ppni.or.id. Diakses tanggal 13 Mei 2013.

Riyanto, A. (2017). Pengolahan dan analisis data kesehatan.

Sajidin, Muhammad.2009.Aplikasi Komunikasi Dalam Keperawatan.Jakarta: Salemba Medika

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: ALFABETA.

Supranto.2006.Statistik (Teori dan Aplikasi).Jakarta: Erlangga.

Suryani.2005.Komunikasi Terapeutik: Teori dan Praktik.Jakarta: EGC.

Tafsir Asbabun Nuzul.In http://www.kumpulan-tafsir-alquran.html. Diakses 13 Mei 2013.

Tamsuri, Anas.2002.Komunikasi dalam Keperawatan.Jakarta: EGC.

Tiro, Arif. 2009. Penelitian: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Makassar: Andira Publisher

Tjiptono,Fandy.2000.Manajemen Jasa.Yogyakarta: Andi. ,

Wulan, Kencana & M. Hastuti.2011.Pengantar Etika Keperawatan Panduan Lengkap Menjadi Perawat Profesional Berwawasan Etis.Jakarta: Prestasi Pustakakarya.

Downloads

Published

2024-03-22