INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM ILMU KEBIDANAN

Authors

  • Nina Aminah STIKes Budi Luhur Cimahi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62817/jkbl.v15i1.134

Abstract

Nilai-nilai Islam selama ini dipandang sebagai nilai-nilai normatif saja, tentunya harus tertanam dalam diri peserta didik menjadi pandangan hidup yang selalu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan bahkan menjadi karakter manusia yang tertanam dalam kepribadiannya. Maka perlu integrasi nilai-nilai islam dalam kurikulum ilmu kesehatan supaya bisa diterapkan secara langsung dalam proses belajar mengajar di STIKes Budi Luhur. Kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam pelayanan asuhan kebidanan di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini diharapkan para pendidik memiliki gambaran atau model bagaimana mengintegrasikan nilai-nilai islam dalam ilmu kebidanan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode kualitatif digunakan apabila membutuhkan suatu pemahaman yang detail dan lengkap tentang suatu permasalahan. Hasil penelitian yang detail hanya dapat diperoleh dengan berbicara secara langsung dengan partisipan. Hasil penelitian ini adalah anak merupakan amanah dari Allah SWT dan nutrisi yang terbaik bagi bayi yang baru dilahirkan adalah ASI (Air Susu Ibu). Islam memberikan perhatian khusus dimulai sejak bayi di dalam kandungan sampai lahir, bahkan nutrisi bagi bayi pun diperhatikan. Seorang bidan hendaklah memberikan pelayanan kepada seorang ibu hamil sampai melahirkan, termasuk kesehatan ibu dan bayinya. Keduanya, bidan dan pasien perlu menumbuhkan sifat-sifat ramah, penyantun, kasih sayang, sabar, ikhlas, sabar, bertanggungjawab, dan akhlakul karimah yang lainnya.

Kata Kunci: Integrasi, ASI, nutrisi, akhlakul karimah

References

Aminah, Nina, 2014. Studi Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Kedokteran dan Kesehatan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Al-Quran dan Terjemah, 2017. Bekasi: Penerbit Al-Quran Al-Fajr.Creswell, John W., 2014, Qualitative Inquirry and Research Desighn, California: SAGE publication, terj. Ahmad Lintang Lazuardi, Penelitian Kualitatif dan Disain Riset, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fattah, Nanang, 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah, Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Faridl, Miftah, 1986. Keluarga Bahagia: Peraturan Nikah dan Pembinaan Keluarga, Bandung: Pustaka Salman,

Lazuardi, Ahmad Lintang, 2014. Penelitian Kualitatif dan Disain Riset, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.

RISTEKDIKTI, 2016, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi 2016, Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, 33-40.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan, Research and Development, Bandung: Alfabeta.

Washfi, Muhammad, 2008. Al-Quran wa ath-Thib, terj. Abdul Majid, Menguak Rahasia Ilmu Kedokteran dalam Al-Quran, Surakarta: Indika Pustaka.

Downloads

Published

2022-03-18

How to Cite

Aminah, N. (2022). INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM ILMU KEBIDANAN. Jurnal Kesehatan Budi Luhur : Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Dan Kebidanan, 15(1), 598–603. https://doi.org/10.62817/jkbl.v15i1.134

Citation Check