KEPATUHAN PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN SOP RESIKO JATUH DI RUANG ANAK LUKMANUL HAKIM RSUD AL IHSAN
DOI:
https://doi.org/10.62817/jkbl.v12i2.59Abstract
Setiap individu yang melakukan kunjungan fasilitas layanan kesehatan beresiko mengalami cedera, salah satu nya adalah kejadian jatuh. Angka kejadian jatuh didunia diperkirakan 700 sampai 1000 pasien per tahun. Jatuh merupakan suatu masalah yang serius di rumah sakit terutama bagi pasien anak yang dirawat inap. Kejadian jatuh dapat menurunkan durasi dan kualitas hidup pasien. Untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama proses perawatan perawat harus melaksanakan kepatuhan terhadap standar prosedur operasional risiko jatuh. Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran sejauh mana perawat patuh pada SOP Pencegahan Risiko Jatuh Pasien di Ruang Anak Lukmanul Hakim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif. Kesimpulan sebanyak 57,1% perawat tidak patuh terhadap SOP Pencegahan Resiko Jatuh di ruang anak Lukmanul Hakim. Saran untuk RS penambahan tenaga, sarana prasarana,Pelatihan risiko jatuh, bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti tentang Faktor-faktor Yang mempengaruhi kepatuhan melaksanakan SPO risiko jatuh di RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat.
Kata Kunci : Kepatuhan Perawat,SPO Risiko Jatuh
References
Arifianto, (2017). Kepatuhan Perawat dalam menerapkan sasaran keselamatan pasien pada pengurangan resiko infeksi. http://eprints.undip.ac.id/51608/2/Proposal.pdf
Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Hariyati (2019). Manajemen Risiko Bagi Manajer Keperawatan dalam Meningkatkan Mutu dan Keselamatan Pasien
Joint Commission International Acreditation Standards for Hospitals. 4th Edition. (2011).
Kemenkes RI. (2011). Standar Akreditasi Rumah Sakit. Jakarta:Kementerian Kesehatan RI,
KKP-RS. (2010). Panduan Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI.
Sanjoto, Hary Agus. (2014). Pencegahan Pasien Jatuh Sebagai Strategi Keselamatan Pasien: Sebuah Sistematik Review.
Subyamtoro, Arief. (2009). Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, Karakteristik Organisasi Dan Kepuasan Yang dimediasi Oleh Motivasi Kerja, Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(1), 11-19
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2019 Meilati Suryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.