SATISFACTION LEVEL OF PREGNANT WOMEN TO SERVICE IN MIDWIFE CLINIC OF NENTI AFRIYANTI, AMD.KEB, TAMBUN

Authors

  • Friska Junita STIKes Medistra Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62817/jkbl.v11i2.15

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan, unit penyelenggara pelayanan public dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan perbaikan pelayanan terutama bidang kesehatan. Bidan dituntut untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuan sekaligus mempertahankan dan meningkatkan  kualitas pelayanannya, karena hanya melalui pelayanan berkualitas pelayanan yang terbaik dan terjangkau, kepuasan pelanggan baik kepada individu, keluarga dan masyarakat dapat tercapai.  Penelitian ini dilakukan di Bidan Nenti Afriyanti, Amd.Keb, tanggal 24 Juni -02 juli 2017 , 62 responden. Menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional, melalui wawancara menggunakan kuisioner dan  diolah dengan menggunakan importance-performance analysis. Dari tingkat harapan ibu hamil terhadap pelayanan yang diberikan diperoleh 87,61%  ibu hamil menyatakan bahwa kelima dimensi pelayanan penting untuk dilaksanakan. Nilai kesenjangan antara harapan dengan pengalaman semuanya bernilai > -1.Tingkat kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan yang diberikan 96,77 % menyatakan sudah puas dan dilihat dari nilai kesenjangan, kinerja pelayanan sudah baik. Kata Kunci : Tingkat Kepuasan , Pelayanan

Downloads

Published

2018-07-31

How to Cite

Junita, F. (2018). SATISFACTION LEVEL OF PREGNANT WOMEN TO SERVICE IN MIDWIFE CLINIC OF NENTI AFRIYANTI, AMD.KEB, TAMBUN. Jurnal Kesehatan Budi Luhur : Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Dan Kebidanan, 11(2), 362–375. https://doi.org/10.62817/jkbl.v11i2.15

Issue

Section

Research

Citation Check