PENGARUH PENDEKATAN REFLECTIVE JOURNALING TERHADAP NILAI EVALUASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH KEPERAWATAN ANAK DI STIKES BUDI LUHUR CIMAHI
DOI:
https://doi.org/10.62817/jkbl.v12i2.62Abstract
Keperawatan anak merupakan salah satu mata kuliah dalam keperawatan di mana mahasiswanya perlu dilatih untuk meningkatkan kemampuan critical thinking agar mampu memberikan asuhan keperawatan kepada anak dan keluarganya dengan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh pendekatan reflective journaling terhadap nilai mahasiswa pada mata kuliah Keperawatan Anak di STIKes Budi Luhur Cimahi. Desain penelitian yang digunakan adalah quasy experiment posttest only. Jumlah responden sebesar 28 orang mahasiswa. Analisis data digunakan dengan teknik analisis untuk univariat dan bivariate. Tahap penelitian dimulai dai proses administrasi, informed consent, dan pengumpulan data selama 4 minggu. Diikuti dengan analisis data, diskusi hasil, dan pembuatan laporan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setengah responden pada kelompok intervensi memiliki nilai lulus pada mata kuliah Keperawatan Anak, hampir semua responden pada kelompok control memiliki nilai tidak lulus pada mata kuliah keperawatan anak. Sedangkan untuk hasil bivariate ditemukan adanya pengaruh pendekatan reflective journaling dengan nilai evaluasi pada mata kuliah keperawatan anak di STIKes Budi Luhur. Dari penelitian ini dikembangkan 3 buah modul pembelajaran dengan pendekatan reflective journaling.
Keywords : reflective journaling, keperawatan anak, mahasiswa keperawatan
References
Aliarosa, Windasari. 2014. Competencies of Nursing Students in Pediatric Care in A Selected Health Institute in Indonesia: Toward Development of Clinical Focus. The Philippine Women’s University, Manila: Thesis
Craft, Melissa. 2005. Reflective Writing and Nursing Education. Journal of Nursing Education. Vol 44 No: 2, Hal 53-57
Ip, Wan Yim; Lui, May H.; Chien, Wai Tong; Lee, Iris F.; Lam, Lai Wah; Lee, Diana T. 2012. Promoting Self-Reflection in Clinical Practice Among Chinese Nursing Undergraduates in Hongkong. Contemporary Nurse, Vol 41 Iss: 2, pp 253-262
Kennison, M. 2011. Developing Reflective Writing as Effective Pedagogy. Nursing Education Perspectives. Vol 33 No 5, Hal 306-311
Langley, M., dan Brown, S.T. 2010. Perceptions of the Use of Reflective Learning Journals in Online Graduate Nursing Education. Nursing Education Perspectives. Vol 31 No 1, Hal 12-17
Maten-Speksnijder, A. 2012. Learning Opportunities in Case Studies for Becoming a Reflective Nurse Practitioner. Journal of Nursing Education. Vol 51 No 10, Hal 563-569
Parrish, D.R., dan Crookes, K. 2014. Designing and Implementing Reflective Practice Programs- Key Principles and Considerations. Nurse Education in Practice. Vol 14, Hal 265-270
Regmi, K., Naidoo, J. 2012. Understanding The Processes of Writing Papers Reflectively. Nurse Researcher Journal. Vol 20 No 6, Hal 33-39
Ruth-Sahd, L. 2003. Reflective Practice: A Critical Analysis of Data-Based Studies and Implications for Nursing Education. Journal of Nursing Education. Vol 42 No 11, Hal 488-497
Stirling, Linda. 2015. Students’ and Tutors’ Perceptions of The Use of Reflection in Post-Registration Nurse Education. Community Practitioner Journal, Vol 88 No: 4, Hal 38-41
Van Horn, R., dan Freed, S. 2008. Journaling and Dialogue Pairs to Promote Reflection in Clinical Nursing Education. Nursing Education Perspective. Vol 29 No 4, Hal 220-225
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2019 Windasari Aliarosa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







