Pendekatan Research-Based Learning Mahasiswa Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak Jalanan Usia Sekolah Tentang Pencegahan Kekerasan Seksual di Kota Bandung

Authors

  • Mona Megasari STIKes Budi Luhur Cimahi, Indonesia
  • Windasari Aliarosa STIKes Budi Luhur Cimahi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62817/jkbl.v0i0.84

Abstract

Research-based learning merupakan metode yang menggunakan riset sebagai latar belakang metodologi dan memiliki hasil eksperimental yang positif. RBL melibatkan tenaga pendidik spesialis untuk mengembangkan keterampilan seperti problem solving, critical thinking dan kreativitas mahasiswa. Salah satu mata kuliah yang tepat untuk menerapkan RBL sebagai metode pembelajaran adalah Child Abuse dalam Keperawatan dengan topik kekerasan seksual pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peningkatan pengetahuan anak jalanan tentang pencegahan kekerasan seksual di Kota Bandung melalui pendekatan Research-Based Learning mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain quasy-experiment: pretest-posttest control group dengan jumlah responden sebanyak 15 responden untuk kelompok intervensi dan 16 responden untuk kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data menggunakan software komputer untuk menghitung frekuensi pada analisis univariat dan paired t-test untuk analisis bivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa retensi pengetahuan responden pada kelompok intervensi lebih tinggi dibandingkan dengan retensi pada kelompok kontrol sehingga kegiatan RBL mahasiswa secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan anak jalanan usia sekolah tentang pencegahan kekerasan seksual di Kota Bandung. Pendekatan Research Based Learning ini dapat menjadi strategi pembelajaran pada mata kuliah Child Abuse, agar dapat dilanjutkan pada tahun ajaran selanjutnya dengan harapan angka kejadian kekerasan seksual pada anak, khususnya anak rentan (anak jalanan), dapat berkurang atau bahkan dapat dicegah.

 

Kata Kunci : Kekerasan Seksual, Anak, Research-Based Learning

References

Hasanah, U., Raharjo, S.T. 2018. Penanganan Kekerasan Anak Berbasis Masyarakat. Social Work Journal. Vol 6, No 1, Hal 80-92

Hikmah, S. 2017. Mengantisipasi Kejahatan Seksual Terhadap Anak Melalui Pembelajaran “Aku Anak Berani Melindungi Diri Sendiriâ€: Studi di Yayasan Al-Hikmah Grobogan. Jurnal SAWWA. Vol 12, No 2, Hal 187-206

Humaira, D., Rohmah, N., Rifanda, N., Novitasari, K., Diena, U., Nuqul, F.L. 2015. Kekerasan Seksual Pada Anak: Telaah Relasi Pelaku Korban dan Kerentanan Pada Anak. Jurnal Psikoislamika. Vol 12, No 2, Hal 5-10

Justicia, R. 2016. Program Underwear Rules Untuk Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol 9, No 2, Hal 217-232

Lak, P., Noroozi, M., Ehsanpoor, S. 2018. Comparing the Effect of Two Methods of Group Education and Education by Multimedia Compact Disk on Mothers’ Knowledge and Attitude About Child Sexual Abuse. Annals of Tropical Medicine and Public Health. Vol.10, No.6, Hal 1720-1723

Maemunah, N., Yudiernawati, A., Pertiwi, E. Hubungan Pengetahuan Ibu Terhadap Sikap Pencegahan Sexual Abuse Pada Anak 3-6 Tahun. Jurnal UMM. Vol 7, No 2, Hal 100-108

Major, W.M. 2011. Child Sexual Abuse: A New Approach to Professional Education. Art and Science Journal. Vol 25, No 37, Hal 35-40

Noviana, I. 2015. Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak dan Penanganannya. Diunduh dari file:///C:/Users/user/Downloads/87-140-1-SM.pdf pada tanggal 3 Februari 2017

Nuari, N.A. 2016. Analisis Perilaku Pencegahan Child Sexual Abuse Oleh Orang Tua Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Kesehatan. Vol 5, No 1, Hal 1-8

Pavliuk, R. O., Liakh, T.L., Bezpalko, O.V., Klishevych, N.A. 2017. Research-Based Training: Methodological Characteristics and Results of the Analysis of Educational Programs. MDPI Journal. Vol 6, No. 152, Hal 1-12

Scrandis D.A., Watt, M. 2014. Child Sexual Abuse in Boys: Implications for Primary Care. The Journal of Nurse Practitioners. Vol.10, No.9, Hal 706-713

Sirait, A.M. 2015. Kekerasan Seksual Dominasi Kasus Kejahatan Terhadap Anak. Diunduh dari http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/hukum/16/05/15/o77luc382-kekerasan-seksual-dominasi-kasus-kejahatan-terhadap-anak pada tanggal 3 Februari 2015.

Umar, N.M., Noviekayati, I.G.A.A., Saragih, Sahat. Efektivitas Personal Safety Skill Terhadap Peningkatan Kemampuan Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol 3, No 1, Hal 60-68

Utami, D.R.R.B., Susilowati, T. 2018. Program “Aku Mandiri†Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Gaster. Vol 16, No 2, Hal 127-137

Downloads

Additional Files

Published

2020-02-10

How to Cite

Megasari, M., & Aliarosa, W. (2020). Pendekatan Research-Based Learning Mahasiswa Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak Jalanan Usia Sekolah Tentang Pencegahan Kekerasan Seksual di Kota Bandung. Jurnal Kesehatan Budi Luhur : Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Dan Kebidanan. https://doi.org/10.62817/jkbl.v0i0.84

Citation Check

Most read articles by the same author(s)