Penerapan Metode Virtual Patients Simulations Pada Mata Kuliah Komunikasi Dan Konseling Dalam Praktik Kebidanan Pada Mahasiswa di STIKes Budi Luhur Cimahi

Authors

  • ismaya ismaya

DOI:

https://doi.org/10.62817/jkbl.v0i0.74

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, tantangan yang harus dihadapi oleh pendidikan kebidananadalah menghasilkan lulusan bidan yang profesional. Permasalahan dalam pendidikankebidanan adalah rendahnya mutu pendidikan yang disebabkan oleh efektivitas,efisiensi dan standarisasi pengajaran. Salah satu permasalahan muncul adalahkurangnya pengembangan strategi pembelajaran yang dapat membantu dalam kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi dalam perawatan pasien yangsesuai dengan revolusi industri4.0. pemanfaatan virtual patientsimulationts merupakan metodepengajaran yang sesuai dengan revolusi tersebut.

Penelitian ini akan menggunakan quasi experiment design : one group pretest-posttest untuk mengetahui keterampilan sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran denganmetode virtual patient simulation.Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat I program studi D IIIkebidanan STIKes Budi Luhur Cimahi yang sedang belajar di semester 2 pada mata kuliahkomunikasi dalam praktik kebidanan, sebanyak 18 mahasiswaAnalisa data pada penelitian ini dengan t test (Independent Sample T Test).

Hasil penelitian ini didapatkan bahwa sebanyak 14 (73,7%) mahasiswa tidak terampil dalam melakukan komunikasi dan konseling sebelum diterapkan metode virtual patients simulationts; setelah diterapkan metode virtual patients simulationts sebanyak 13 (68,4%) mahasiswaterampil dalam melakukan komunikasi dan konseling; terjadi peningkatan nilai mean yaitu 46,79 menjadi 69,21 dengan persentase kenaikan 47,9% dan nilai p 0,000 (p<0,05)

Simpulan pada penelitian ini yaitu terdapat perbadaan Keterampilan Komunikasi dan Konseling Mahasiswa sebelum dan sesudah diterapkan Metode Virtual Patients Simulationts pada Mata Kuliah Komunikasi dan Konseling dalam Praktik Kebidanan di STIKes Budi Luhur CimahiDiharapkan metode ini dapat diterapkan secara berkelanjutan dalam mata kuliah komunikasi dan konseling dalam praktik kebidanan.

 

Kata Kunci : Komunikasi kebidanan, pendidikan, Virtual Patients Simulations.

Downloads

Published

2020-02-10

How to Cite

ismaya, ismaya. (2020). Penerapan Metode Virtual Patients Simulations Pada Mata Kuliah Komunikasi Dan Konseling Dalam Praktik Kebidanan Pada Mahasiswa di STIKes Budi Luhur Cimahi. Jurnal Kesehatan Budi Luhur : Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Dan Kebidanan. https://doi.org/10.62817/jkbl.v0i0.74

Citation Check