Metode Pembelajaran Interprofessional Education Bagi Mahasiswa Tenaga Kesehatan

Authors

  • Ryka Juaeriah

DOI:

https://doi.org/10.62817/jkbl.v10i2.51

Abstract

Pelayanan kesehatan yang bermutu menjadi tuntutan bagi pemberi pelayanan
kesehatan di era global. Pelayanan kesehatan yang bermutu dapat dicapai dengan
praktik kolaborasi. Pada penerapannya, profesional kesehatan yang paling pandai
sekalipun akan kesulitan menerapkan kolaborasi tanpa pembelajaran. Bekal tentang
kolaborasi dapat diterapkan sejak tahap pendidikan melalui Interprofessional Education
(IPE). Mahasiswa ilmu kesehatan sebagai profesional bidang kesehatan masa
mendatang di Indonesia perlu mendapatkan pembelajaran kolaborasi melalui IPE.
Pengembangan model pembelajaran IPE di tingkat institusi perlu melibatkan peran
serta mahasiswa dan dosen pembimbing, sehingga sangat penting untuk mengetahui
model pembelajaran yang sesuai untuk IPE. Pembelajaran IPE yang baik diharapkan
dapat menghasilkan profesional di bidang kesehatan yang mampu berkolaborasi
dengan profesi kesehatan lain, sehingga dapat berperan serta dalam pembangunan
kesehatan di Indonesia.

Downloads

Published

2017-07-23

How to Cite

Juaeriah, R. (2017). Metode Pembelajaran Interprofessional Education Bagi Mahasiswa Tenaga Kesehatan. Jurnal Kesehatan Budi Luhur : Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Dan Kebidanan, 10(2), 185–193. https://doi.org/10.62817/jkbl.v10i2.51

Issue

Section

Research

Citation Check